Deskripsi
Alma adalah kata tunggal Mongolia; bentuk jamak dalam bahasa Turki 'almaslar'. Seperti khas makhluk legendaris serupa di seluruh Asia Tengah, Rusia, Pakistan dan Kaukasus lainnya, Alma umumnya dianggap lebih mirip dengan "orang liar" karena penampilan seperti manusia namun berprilaku seperti kera.
Alma biasanya digambarkan sebagai hewan bipedal mirip manusia, setinggi lima sampai enam setengah kaki, tubuh mereka ditutupi dengan rambut cokelat kemerahan, dengan fitur wajah antropomorfik mirip kera. Banyak cryptozoologists percaya ada kesamaan antara deskripsi ini dengan rekonstruksi modern dari wajah dari manusia Neanderthal.
Bukti
Spekulasi bahwa Alma mungkin adalah mahluk yang bukan hanya sekedar mitos didasarkan pada saksi mata yang mengaku, dugaan jejak yang ditemukan, dan interpretasi tradisi asli yang telah dikumpulkan secara antropologis.
Cerita rakyat
Alma muncul dalam legenda masyarakat setempat, yang menceritakan kisah-kisah penampakan dan interaksi antara Alma dan manusia muncul selama beberapa ratus tahun.
Gambar yang diartikan sebagai Alma juga muncul dalam sebuah buku obat Tibet. Antropolog Inggris Myra Shackley mencatat bahwa "Buku ini berisi ribuan ilustrasi dari berbagai kelas hewan (reptil, mamalia dan amfibi), tetapi tidak satu pun hewan-hewan ini seperti hewan-hewan yang diketahui dan dapat diamati hari ini .
Penampakan terkenal
Penampakan yang dicatat secara tertulis pergi sejauh abad ke-15.
Pada tahun 1420, Hans Schiltberger mencatat pengamatan pribadi tentang makhluk-makhluk ini dalam jurnal perjalanannya ke Mongolia sebagai tawanan Khan Mongol. Schiltberger juga mencatat salah satu penampakan pertama kuda Przewalski untuk orang eropa. (Naskah di Perpustakaan Kota Munich, Daftar. 1603, Bl. 210) (Shackley, 94). Dia mencatat bahwa Almasty adalah hewan yang menjadi salah satu bahan obat-abatan Mongolia dan Tibet, bersama dengan ribuan hewan dan tumbuhan yang hidup saat ini.
Antropolog Inggris Myra Shackley dalam bukunya "Still Living?" menjelaskan pengamatan Ivan Ivlov tahun 1963 tentang kelompok Alma. Ivlov, seorang dokter anak, memutuskan untuk mewawancarai beberapa anak Mongolia pasiennya, dan menemukan bahwa banyak dari mereka mengaku telah melihat Alma dan bahwa baik anak-anak Mongol maupun Alma muda sama-sama takut satu sama lain. Sopir Ivlov juga mengaku telah melihat mereka (Shackley, 91).
Dugaan Alma yang tertawan
Seorang wanita liar yang kemudian diberi nama Zana dikatakan telah tinggal di desa T'khina dipegunungan terpencil lima puluh mil dari Sukhumi di Abkhazia di Kaukasus; beberapa orang berspekulasi dia mungkin adalah Alma, tetapi bukti menunjukkan bahwa dia adalah seorang manusia.
Saksi menggambarkan wanita setinggi enam kaki, enam inci ini ditemukan di pegunungan Kaukasus antara Georgia dan Rusia sebagai memiliki 'semua karakteristik dari binatang buas' - dan tertutup oleh rambut pirang yang tebal. Dia ditangkap oleh pedagang lokal di tahun 1850-an yang mempekerjakan sekelompok pemburu untuk menundukkan dan membelenggu dirinya di daerah pegunungan. Para ahli percaya bahwa 'Wanita Liar' itu ditemukan bersembunyi di daerah terpencil Ochamchir di Republik Abkhazia.
Zana akhirnya 'dijinakkan' oleh bangsawan yang membeli dirinya sebagai seorang budak dan terus memeliharanya di tanah miliknya di Tkhina, Republik Abkhazia. Catatan-catatan laporan saksi mata mengatakan bahwa Zana sangat berotot, tidur diluar ruangan dan berlari telanjang secepat kuda, bahkan dia sanggup berenang di sungai Moskva saat sungai sedang banjir dan arusnya sangat deras
Zana kemudian melakukan hubungan seksual dengan seorang pria lokal bernama Edgi Genaba, dan melahirkan sejumlah anak yang penampilannya seperti manusia normal. Beberapa anak-anak ini, bagaimanapun, meninggal saat masih bayi.
Kiri: salah seorang cucu perempuan Zana. Kanan: Anak Zana bernama Kwit
Sang ayah, menyerahkan empat dari anak-anak yang masih hidup kepada keluarga lokal. Dua anak laki-laki, Dzhanda dan Khwit Genaba (lahir 1878 dan 1884), dan dua anak perempuan, Kodzhanar dan Gamasa Genaba (lahir 1880 dan 1882), berasimilasi ke dalam masyarakat normal, menikah, dan memiliki keluarga mereka sendiri. Zana sendiri meninggal pada tahun 1890. Tengkorak Khwit (juga dieja Kvit) masih ada, dan telah diperiksa oleh Dr. Grover Krantz di awal 1990-an. Dan hasil pemeriksaan diumumkan bahwa Zana sepenuhnya adalah manusia modern, tanpa fitur Neanderthal sama sekali. Akun lain oleh antropolog Rusia M.A. Kolodieva menggambarkan tengkorak Kwit memiliki perbedaan yang signifikan dari laki-laki normal Abkhazia: tengkorak "pendekatan terdekat dari tengkorak Kwit adalah fosil tengkorak Neolitik, Vovnigi II".
Tengkorak Kwit
Pada tahun 2015, Prof. Sykes melaporkan bahwa ia telah melakukan tes DNA pada sampel air liur dari enam keturunan Zana yang masih hidup dan gigi anak almarhum nya, Khwit dan menyimpulkan bahwa Zana adalah 100% Afrika tetapi bukan dari kelompok yang dikenal. Dan ia percaya bahwa kaumnya Zana meninggalkan Afrika sekitar 100.000 tahun yang lalu dan tinggal di Kaukasus yang terpencil selama beberapa generasi.
Kasus Lain
Kasus Lain dikatakan terjadi sekitar tahun 1941, tak lama setelah invasi Jerman ke Uni Soviet. Seorang "manusia liar" ditangkap di suatu tempat di Kaukasus oleh detasemen Tentara Merah. Dia tampak seperti manusia, tetapi ditutupi halus, rambut hitam. Interogasi mengungkapkan ketidakmampuannya (atau keengganan) untuk berbicara, dan makhluk malang itu akhirnya ditembak mati karena dianggap sebagai mata-mata Jerman. Ada berbagai versi legenda ini dalam berbagai literatur kriptozoologis namun bukti nyata tidak ada.
Penjelasan
Myra Shackley dan Bernard Heuvelmans telah berspekulasi bahwa Alma adalah populasi relict dari Neanderthal, sementara Loren Coleman menyarankan bahwa Alma adalah spesimen Homo erectus yang berhasil survive. Alma juga dikaitkan dengan hominin Denisova. Deskripsi Alma diyakini mirip dengan Yeti Himalaya..
Baca Juga:
Sumber: Wikipedia
Tiada ulasan:
Catat Ulasan